5 Langkah Tepat Dalam Memburu Rumah Bekas Impian

Membeli sebuah rumah bekas untuk digunakan sebagai hunian pastinya memerlukan perhatian serta persiapan yang lebih cermat daripada membangun sebuah rumah baru. Hal tersebut dikarenakan, bangunan lama biasanya membutuhkan perawatan serta renovasi dibalik harganya yang ramah dikantong.

Dengan memilih secara selektif maka rumah yang baru Anda beli dpat efisien dan nyaman ditempati hingga beberapa tahun ke depan walaupun itu bukan merupakan bangunan baru. Akan tetapi, jika anggaran untuk membeli rumah idaman terbatas maka renovasi mungkin saja bisa terjadi bahkan akan menguras kantong Anda.

Renovasi ini mungkin meliputi hal kecil seperti mengecat ulang dinding, mengganti lantai keramik atau renovasi secara besar yakni perbaikan atap atau menambah ruangan baru. Perhitungkan biaya yang harus dikeluarkan agar Anda tidak merugi setelah proses jual beli.

Berikut merupakan beberapa tips sebelum Anda membeli rumah bekas impian Anda

Visualisasikan Rumah Impian Versi Anda

Sebelum Anda membeli rumah bekas, alangkah baiknya untuk membuat ilustrasi rumah yang dapat memenuhi kriteria Anda serta keluarga. Mulai dari hadap bangunan, denah ruangan, hingga luas pekarangan.

Selain itu, berhatikan beberapa poin kecil dari rumah impian anda seperti lokasi. Misalnya dekat dari akses transportasi, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Dari poin-poin tersebut maka Anda bisa mulai memilih rumah bekas yang mendekati ciri tersebut.

Saatnya Berburu Rumah!

Anda dapat mencari rumah impian Anda secara manual atau Anda dapat menggunakan internet sebagai referensi dalam mencari rumah. Terlebih dikota besar banyak sekali orang yang mengiklankan rumahnya di internet, sehingga Anda cukup mudah untuk berburu hunian impian Anda.

Sekedar saran, carilah lokasi rumah yang dekat dari tempat aktivitas Anda serta keluarga. Dengan demikian, Anda dapat menghemat pengeluaran serta waktu transportasi.

Survei Hunian

Survei hunian memberi gambaran yang lebih jelas Apabila Anda kelak pindah dan tinggal di sana. Manfaatkan momen ini untuk mengecek struktur bangunan dan denah ruangan. Selain itu tanyakanlah kepada pemilik rumah tentang hal-hal kecil yang ada dirumah tersebut seperti saluran pembuangan, sumur air, kelistrikan, dll. Anda pasti tidak mau ketika Rumah tersebut ditempati oleh Anda dan orang tersayang justru memberikan masalah baru yang lebih rumit.

Struktur Bangunan, Jamur, dan Rayap

Sudah menjadi rahasia umum apabila ada beberapa ‘penyakit’ bangunan tua yang wajib Anda ketahui. Yang pertama adalah lemahnya struktur bangunan yang dipengaruhi oleh faktor cuaca atau sudah lama tidak ditempati. Kalau anda tidak hati-hati, Anda harus merogoh dalam-dalam untuk memperbaiki konstruksi bangunan. Cek apabila ada retak serabut atau retak tipis pada dinding bangunan. Sementara itu permukaan dinding yang lembab mengakibatkan munculnya jamur yang dapat mengganggu kualitas udara di dalam ruangan.

Masalah lainnya adalah rayap. Hampir semua bangunan tua terlebih yang bahan utamanya menggunakan kayu , menjadi lokasi favorit rayap untuk bersarang. Beberapa faktor penyebabnya adalah adanya keramik yang mulai berlubang sehingga membuat pasukkan ini merayap dan berkembang biak dengan cepat. Lakukan pengecekan dengan bantuan jasa pembasmi rayap untuk mengetahui keberadaan rayap di sebuah rumah. Dikarenakan jasa basmi rayap mengetahui letak-letak sarang rayap yang sulit dijangkau oleh orang awam.

Persempit Daftar Rumah Pilihan

Setelah melakukan beberapa kali survei pada beberapa rumah, sekarang waktunya Anda ‘mengeliminasi’ rumah yang tidak sesuai dengan harapan atau gambaran dari hunian impian Anda. Tentukan rumah yang paling memenuhi kebutuhan Anda serta tidak memerlukan biaya besar untuk melakukan renovasi.

Mintalah bantuan orang ahli seperti arsitek atau kontraktor dalam menentukan biaya renovasi apabila rumah tersebut memerlukan renovasi agar sesuai dengan gambaran Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *